TIME IS NEVER BACK

Blog ini dibuat berdasarkan perintah dari guru Teknologi dan informatika sekolahku, untuk tugas semester pertama. Masing-masing siswa diharuskan membuat minimal dua puluh posting, jika mau melihat nilai TIKnya nanti pada akhir semester satu. Jadi kami harus segera mungkin melengkapi posting kami agar bisa menyelesaikan tugas.

 
Anda Pengunjung ke :
Web Counter
Free Web Counters.
Tinggalkan Pesan Anda
.
Sekarang Pukul :
.
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Ujian Nasional 2009
Rabu, 22 April 2009

Ujian nasional merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu tercapainya tujuan dan fungsi sekolah, guna mencapai standar kelulusan. Hari ini Senin, 20 April 2009 diadakan “Ujian Nasional” untuk tingkat SMA, SMK, dan MA secara serentak di seluruh Indonesia.

Dalam ujian tingkat SMA ada 2 program pelajaran yang diujikan yaitu program IPA dan program IPS. Untuk program IPA, pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan untuk program IPS, pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Bahas Inggris, Matematika, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi.

Ujian nasional untuk tahun ajaran 2008-2009 ini dilaksanakan selama 5 hari yaitu mulai hari Senin-Jum’at 20-24 April 2009. Menurut Pak Tri Agung Susetyono selaku Wakil Kepala SMA Negeri 1 Sambit menuturkan bahwa jumlah peserta yang ikut pada tahun ajaran ini berjumlah 193 siswa yang meliputi 116 siswa dari program IPA dan 77 siswa dari program IPS.

Sebelum ujian nasional ini dilaksanakan, pihak sekolah telah melakukan berbagai persiapan baik itu secara administratif maupun fisik. Untuk administratifnya pihak sekolah telah melakukan pendataan peserta yang akan ikut ujian nasional yang dikirimkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo yang kemudian diteruskan ke Diknas di Pusat yaitu Jakarta. Setelah pendaftaran peserta ujian selesai, dibuatlah SK (Surat Keputusan) penyelenggaraan ujian nasional. Di Ponorogo sendiri SK dikeluarkan oleh Diknas Kabupaten Ponorogo yang ditanda tangani oleh Bupati Ponorogo yaitu Muhadi Suyono, sedangkan dari pihak SMA N 1 Sambit SK kepanitian ditandatangi oleh Kepala SMA N 1 Sambit yaitu Drs. H. Siswanto.

Untuk mengantisipasi pada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebocoran soal dan kunci jawaban, dari pihak penyelenggara ujian nasional yaitu dinas pendidikan di tingkat pusat telah bekerja sama dengan pihak POLRI. Mulai dari pengiriman soal dari pusat sampai tiba di tempat pelaksanaan. Sedangkan pada saat pelaksanaan ujian khususnya untuk wilayah Sambit dibantu oleh Polsek Sambit yang setiap harinya mengirimkan 2 orang petugas untuk membantu berjalannya ujian nasional di tempat ini. Sehingga kejadian kebocoran soal dan jawaban bisa diantisipasi.

Sebagai tindak lanjutnya Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo juga telah melakukan program silang murni yang bertujuan untuk menjaga independent tiap-tiap sekolah yang melaksanakan ujian nasional. Dari SMA Negeri 1 Sambit sendiri telah bekerja sama dengan MA Almawadah Coper, Jetis, MA Al-Falah Grogol, Sawoo, MA Sulamul Huda Mlarak, dan MA Al-Islam Joresan, Mlarak. Jadi pengawas ujian di setiap instantsi bukan dari pihak yang bersangkutan melainkan dari instansi lain.

Dari Pak Tri Agung sendiri mengharapkan agar para siswa bisa tertib dalam belajar dan tenang dalam mengerjakan ujian nasional, agar para peserta dapat lulus dengan nilai di atas standar kelulusan yaitu 5,5.

Selain dengan Bpk. Agung Tri Susetyono kami juga mengadakan wawancara dengan pengawas ujian yang bertugas di SMA N 1 Sambit yaitu Bpk. Imam Suhadi dari MA Al-Islam Joresan, Mlarak, dan Bpk. Choirul Anam dari MA Al-Mawaddah Coper, Jetis. Dari informasi yang kami dapatkan, bahwa mata pelajaran yang diujikan antara SMA dan MA adalah sama. Sedangkan untuk SMK berbeda, mata pelajaran yang diujikan ada 3 yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, ditambah pelajaran Jurusan.

Untuk standar kelulusan pada tahun ini berbeda dengan tahun lalu, dari 5,25 menjadi 5,5. Dan nilai ini berlaku untuk seluruh pelajaran yang diujikan. Jadi Siswa dinyatakan lulus jika memenuhi kriteria sebagaimana yang diuraikan di atas tadi. Dalam pelaksanaan ujian nasional ini, siswa tidak diperkenankan menggunakan alat bantu seperti alat hitung dan alat komunikasi. Sehingga kegiatan ujian bisa berlangsung dengan aman dan tertib. Menurut Bapak Imam dan Choiril kegiatan ujian nasional dihari pertama ini telah berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.
posted by TIME IS NEVER BACK @ 23.46  
3 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
Tentang Saya

Name: TIME IS NEVER BACK
Home: Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
About Me: Waktu takkan pernah kembali,dan takkan ada orang yang mampu mengubahnya. Ingatlah selalu bahwa kita hidup hanya sementara.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Powered by

BLOGGER

© TIME IS NEVER BACK .Blogger Templates by Isnaini and Cool Cars Pictures